Profile Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta

Sejarah AKPY

Akademi Komunitas Perkebunan Stiper Yogyakarta (Akpy-Stiper) merupakan sister company dari Institut Pertanian Stiper (Instiper) yang khusus didirikan untuk pelatihan, asesmen dan pendidikan program vokasi sebagai calon mandor, operator dan krani kebun dengan level Ahli Pratama (D1). Dahulu program ini menjadi satu dengan Instiper, namun dalam perkembangannya banyak stake holder yang memerlukan program ini, maka sejak tahun 2017 Akpy-Stiper berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Kader Perkebunan (YPKPY) sama seperti Instiper.

Pendirian AKPY dimaksudkan untuk mencetak SDM yang implementatif dengan waktu tempuh pendidikan yang relatif singkat namun dapat menghasilkan tenaga kompeten dan tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi/BNSP sehingga dapat tercipta SDM yang profesional serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

DASAR HUKUM PENDIRIAN AKPY
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Idonesia Nomor: 445/KPT/I/2017, tentang Pemberian Status Diakui kepada Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (Akpy-Stiper).

Pembukaan Kuliah

Pembukaan Kuliah

Pembukaan Kuliah

Bintalfisdisbun