Telp Kantor (0274) 562-076 - SMS/Whatsapp: 0822-2545-6356

Pengenalan Kebun Pendidikan dan Penelitian unit SEAT

Pelaksanaan kegiatan BINTALFISDISBUN 2019 berlanjut menuju ke Kebun Pendidikan dan Penelitian unit SEAT (Stiper Eco Agro Tourism) yang berada di Ungaran, Semarang. Mahasiswa baru AKPY diberangkatkan dari Kampus AKPY pada tanggal 30 September 2019 dengan menggunakan bus. Mahasiswa tiba di lokasi tepat pukul 10.30 WIB dilanjutkan dengan berjalan menuju SEAT dari titik penerjunan.

Perjalanan menuju SEAT dari titik penerjunan

Perjalanan menuju SEAT kurang lebih 45 menit dilanjutkan dengan kegiatan navigasi darat dengan permainan pencarian bendera. Permaian tersebut ditujukan untuk memberikan pengetahuan dasar SAR (Search And Rescue) dengan menititikberatkan pada penyisiran lingkungan.

Kegiatan selanjutnya adalah pengenalan komoditas yang ada di Kebun Pendidikan dan Penelitian unit SEAT (KP2 SEAT). Beberapa komoditas yang dikenalkan antara lain kelapa sawit, karet, kopi, kakao, teh, mucuna (legume cover crops), durian, jati serta sengon. Komoditas yang dikenalkan merupakan komoditas-komoditas unggulan yang ada di Indonesia. Selain itu juga dikenalkan beberapa alat-alat pendukung kegiatan perkebunan serta jenis-jenis pupuk.

Selain kegiatan lapangan mengenal komoditas di KP2 SEAT mahasiswa juga menerima materi klasikal dari perwakilan Badan Pengelola Dana Pendidikan Kelapa Sawit (BPDP-KS) Bapak Yuda mengenai Peremajaan Sawit Rakyat. Selain itu juga dijelaskan mengenai kegiatan perkuliahan AKPY oleh Bapak Koko Setiawan, S.P., M.Si .

Hari berikutnya mahasiswa baru diberikan kegiatan yang membangun kebersamaan dan kekompakan mahasiswa baru. Kegiatan tersebut berupa permainan-permainan kecil yang dipandu oleh co-fasilitator. Mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok yang salah satu kelompoknya mengikuti permaianan berkelompok dan kelompok lainnya mengikuti lomba masterchef.

Panitia BINTALFISDISBUN 2019 berkolaborasi dengan Tim Outbond Merapi dari Pusdiklat Depdagri. Tim Outbond Merapi memandu mahasiswa baru AKPY untuk kegiatan yang menumbuhkan kekompakan dan kebersamaan. Kegiatan outbond terbagi dalam dua hari, hari pertama permainan ringan dan hari kedua permainan dengan tracking dan ditutup dengan api unggun.

Share This