Telp Kantor (0274) 562-076 - SMS/Whatsapp: 0822-2545-6356
Exif_JPEG_420

Mahasiswa AKPY melaksanakan kegiatan praktik sebagai penunjang kegiatan perkuliahan dalam kelas. Pada kesempatan ini mahasiswa AKPY melakukan praktik pembuatan pupuk organik padat (kompos). Memanfaatkan lahan di kampus AKPY, mahasiswa mengumpulkan material organik sebagai bahan pupuk organik padat.

Pelaksanaan praktik pembuatan pupuk organik padat merupakan kegiatan lanjutan dari materi kuliah kewirausahaan. Praktik pembuatan pupuk organik padat diharapkan memberikan wawasan kepada mahasiswa AKPY untuk dapat memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di daerah asalnya yang sebagian besar berada di daerah perkebunan kelapa sawit.

Praktik pembuatan pupuk organik ini menggunakan material organik yang berada di lingkungan kampus AKPY. Mahasiswa membuat lubang di tanah dengan ukuran 60 cm x 60 cm dengan kedalaman 50 cm. Material organik dicacah untuk menambah luas permukaan bahan sehingga lebih mudah diuraikan. Bahan aktif yang digunakan adalah EM4 sebagai bioaktivator yang berisikan bakteri pengompos. Mahasiswa memberikan 2 perlakuan dalam pembuatan pupuk organik padat ini, perlakuan pertama dengan bioaktivator dan peralakuan kedua hanya dengan air sebagai penjaga kelembaban.

Exif_JPEG_420

Pemanenan praktik pembuatan pupuk organik padat ini akan dilaksanakan pada 2 – 4 pekan dari awal pemberian aktivator dengan pengecekan setiap hari pada kenampakan, warna, bau serta suhu.

Share This