Hubungi Kami (0274) 5022 529 admin@akpy-stiper.ac.id

Baru 3 Bulan Kuliah, Ratusan Mahasiswa AKPY ini Sudah Dibooking Perusahaan

02 Apr 2024
ADMIN
123

Saat lulus, para mahasiswa dan mahasiswa mendapat tiga sertfikat sekaligus.

Walau baru tiga bulan berstatus mahasiswi program Diploma Satu Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY), perempuan 18 tahun ini sudah tak pusing lagi mencari kerja.

Soalnya dua bulan lalu, Yesica Dwi Mariani sudah dinyatakan lulus menjadi karyawan oleh PT. Astra Agro Lestari (AALI)Tbk. Anak kedua dari dua bersaudara ini bakal jadi mandor.

Perempuan asal Desa Muara Wahau, Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Kalimantan Timur (Kaltim) ini enggak sendirian lolos. Tapi bersama 74 orang lainnya. 

Dan Astra, tak sendirian pula datang mencari calon karyawan baru ke kampus milik Instiper Yogya itu. Tapi bersama sekitar 6 perusahaan lainnya. 

Hanya saja, Astra dan Karya Mas lah yang dapat banyak. Masing-masing 75 orang. "Dari 450 mahasiswa dan mahasiswi AKPY angkatan 2023, 75 persen sudah dibooking perusahaan," cerita dosen senior AKPY, Hartono, saat berbincang dengan myelaeis.com, kemarin. 

Bukan sekali ini saja anak-anak beasiswa sawit kiriman Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) ini dibooking perusahaan meski baru beberapa bulan kuliah. Tapi sudah sejak tiga tahun lalu. 

Selain lantaran para pendidiknya adalah para praktisi, rekam jejak para alumni AKPY juga menjadi penguat kepercayaan para perusahaan kepada kampus ini. 

"Sudah ada sejumlah alumni yang awal bekerja, mereka  menjabat mandor. Tapi setelah 3-4 tahun, mereka justru telah dipromosikan menjadi asisten," cerita lelaki 53 tahun ini. Di antaranya ada di First Resources (FR).    

Tak berlebihan sebenarnya jika para perusahaan rebutan dengan anak-anak AKPY ini. Sebab meski kuliahnya cuma setahun, tapi ilmu yang ditransfer kepada mahasiswa dan mahasiswinya, benar-benar ilmu yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. 

Tengoklah waktu mereka Praktek Kerja Lapangan (PKL) di komplek Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Stiper Edu Agro Tourism (SEAT) di Bawen, Ungaran, pekan lalu.

Kebetulan semua mahasiswa ini dibagi dalam tiga gelombang PKL. Gelombang pertama berlangsung dari tanggal 21 Januari 2024. 

Lalu gelombang kedua berakhir pada 12 Februari 2024. Sementara gelombang ketiga, akan berlangsung sejak tanggal 20 Februari 2024. 

Selama masing-masing 10 hari, mereka dicekoki ragam ilmu. AKPY menyebut acara ini adalah kuliah Learning Factory (LF). 

Selama 10 hari itu, semua mahasiswa dan mahasiswa beraktifitas dari pukul 05:00 Wib, hingga pukul 21:00 wib. 

Pagi sampai siang di lapangan, siang sampai sore di kelas mengevaluasi hasil kerja dan segala bentuk administrasi, malam membikin perencanaan kerja untuk besok. Selama aktifitas itu, no handphone!

Juli nanti, semua mahasiswa dan mahasiswi ini sudah berangkat lagi magang. Ini lebih lama lagi, tiga bulan.

Lantaran mereka sudah dibooking oleh perusahaan, mereka magang di perusahaan itulah. "Nah, setelah lulus, mereka ini akan dapat tiga sertifikat. Pertama; sertifikat D1. Kedua; sertifikat kompetensi, dan ketiga  SK penempatan," terang Hartono. 

Bagi AKPY kata ayah dua anak ini, magang tadi adalah bentuk uji kompetensi, namun bagi perusahaan, magang itu adalah training. "Jadi habis training mereka langsung penempatan," katanya. 


Sumber : myelaeis.com


Berita Terkini

© 2023 Copyright : AKPY-STIPER