Hubungi Kami (0274) 5022 529 admin@akpy-stiper.ac.id

Petani Sawit di Kalteng Dapat Pelatihan dari AKPY, Didukung BPDPKS dan Ditjen Perkebunan

12 Jun 2024
ADMIN
144

Palangka Raya, SAWIT INDONESIA – Sejumlah 165 petani sawit dari dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu Kabupaten Pulang Pisau dan Kotawaringin Timur mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY), dengan dukungan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian.


Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, Selasa – Sabtu (4 – 8 Juni 2024), di salah satu hotel di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.


Secara teknis, kegiatan pelatihan terbagi menjadi empat modul atau tema yaitu Panen & Pascapanen dan Sarana & Prasarana diikuti oleh peserta dari Kabupaten Pulang Pisau. Sementara, modul atau tema Teknis Budidaya Kelapa Sawit, dan Teknis Pemetaan Perkebunan Kelapa Sawit diikuti oleh peserta dari kabupaten Kotawaringin Timur. Semua materi disampaikan oleh instruktur profesional di bidangnya.


Sebagai infomasi, kegiatan pelatihan petani sawit merupakan implementasi program pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit dari BPDPKS) dan Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian. Dalam pelaksanan atau implementasi program SDMPKS melibatkan lembaga – lembaga pelatihan salah satunya AKPY yang telah ditunjuk dan dipercaya sejak beberapa tahun lalu.


Wakil Direktur AKPY STIPER, Dr. (C), Idum Satia Santi, S.P, M.P menyampaikan ada beberapa tujuan dari kegiatan pelatihan petani sawit yang kali ini diikuti peserta dari Kotawaringin Timur dan Pulang Pisau yang telah disesuaikan dengan kebutuhan.


“Memberikan pengertian dan pemahaman tentang cara teknis budidaya kelapa sawit yang berkelanjutan, panen & pascapanen, sarana & prasarana dan teknis pemetaan lokasi kebun sawit. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kemandirian, manajerial dan kewirausahaan yang berdaya saing perkebunan kelapa sawit berkelanjutan,” ujarnya saat menyampaikan sambutan mewakili Direktur AKPY STIPER, Dr. Sri Gunawan, S.P, M.P, pada Rabu (5 Juni 2024).


“Selain mendapatkan materi yang disampaikan para instruktur profesional, peserta pelatihan akan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu perusahaan perkebunan ternama. Tujuannya tak lain untuk melihat langsung praktik-praktik pengelolaan kebun yang dilakukan perusahaan. Jadi, para peserta bisa memahami setelah mendapatkan materi saat pelatihan,” tambah Idum.


Peserta pelatihan dijadwalkan akan mengunjungi perusahaan perkebunan, PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA), pada Jum’at mendatang untuk melihat langsung praktik-praktik pengelolaan perkebunan sesuai dengan standar yaitu Good Agriculture Practices (GAP).


Terkait dengan kegiatan pelatihan pada kesempatan yang sama, Jayan Wahyudi, S.Hut., M.P, Kepala Bidang Perbenihan dan Budidaya, Dinas Perkebunan Propinsi Kalimantan Tengah mengungkapkan sumber daya manusia mempunyai peran penting dan strategis dalam sistem produksi kelapa sawit.


“Pengembangan SDM ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja saja, tetapi harus mampu menghadapi tantangan dan berperan aktif dalam menciptakan sistem industri kelapa sawit yang sustainable. Penyiapan SDM menjadi penting dalam meningkatkan kinerja perkebunan kelapa sawit,” ungkapnya.


Menurut Jayan, upaya ini memerlukan keterlibatan semua stakeholder seperti perguruan tinggi dan lembaga pendidikan, perusahaan perkebunan besar, dan pusat penelitian.


“Program pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit merupakan salah satu upaya BPDPKS dan untuk mempersiapkan SDM di industri sawit terutama untuk sektor hulu dan pabrik kelapa sawit dengan prioritas perkebunan rakyat,” jelas Jayan.


Kegiatan pelatihan ini mengintegrasikan seluruh aspek dalam pengembangan SDM Perkebunan kelapa sawit dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, profesionalisme, kompetensi, kemandirian dan daya saing pekebun kelapa sawit, keluarga pekebun, pendamping, penyuluh perkebunan kelapa sawit, ASN serta pihak terkait lainnya.


Sumber : Sawit Indonesia


Berita Terkini

© 2023 Copyright : AKPY-STIPER