Hubungi Kami (0274) 5022 529 admin@akpy-stiper.ac.id

Bupati Luwu Timur Apresiasi Pelatihan yang Diikuti Petani Sawit, Pendamping dan Penyuluh

28 May 2024
ADMIN
448

Makassar, SAWIT INDONESIA – Bupati Luwu Timur, Budiman, di tengah-tengah kesibukannya menyempatkan untuk menghadiri pelatihan petani sawit yang diselenggarakan AKPY STIPER dengan dukungan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Ditjen Perkebunan – Kementerian Pertanian.


Diketahui, pelatihan ini diikuti oleh petani sawit, penyuluh dan pendamping pertanian, yang jumlahnya mencapai 160 orang dan diadakan di salah satu hotel di Makassar – Sulawesi Selatan.


Kehadiran beliau menunjukkan perhatian masyarakatnya terutama petani sawit yang tengah menjalani pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi untuk menambah produktivitas sawitnya.


Dikatakan Bupati Budiman, pihaknya berterima kasih dan mengapresiasi dengan kegiatan pelatihan yang diikuti petani sawit, pendamping dan penyuluh pertanian dari Luwu Timur.


“Kami berharap kepada peserta (pelatihan) setelah kegiatan bisa menjadi agen perubahan dalam pengelolaan kebun sawit. Ilmu yang didapat selama pelatihan terapkan di kebun masing-masing dan sebarkan (ilmunya) ke petani sawit lainnya,” katanya, saat ditemui di lokasi pelatihan, pada Kamis (23 Mei 2024).


“Agar kebun kelapa sawitnya dapat dikelola dengan baik dan produktivitas bertambah serta meningkatkan kesejahteraan. Tentu, kalau produktivitasnya meningkat kesejahteraan petani akan bertambah,” imbuh Bupati Budiman.


Lebih lanjut, ia juga mengharapkan di tahun mendatang ada lagi pelatihan yang diikuti peserta dari Luwu Timur.


“Kami melihat, progress peserta pelatihan selama tiga tahun terakhir cukup baik, karena setiap tahunnya jumlah peserta selalu bertambah. Tahun ini ada 160 orang, tahun l2022 berjumlah 60 orang, 2023 mencapai 149 orang,” lanjut Bupati Budiman.


Seperti diketahui, sejak 2022 petani sawit dari Luwu Timur merupakan petani yang mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan, implementasi dari program pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit dari BPDPKS dan Ditjen Perkebunan dengan berbagai modul mulai dari Penguatan Kelembagaan, Teknis Budidaya Tanaman Kelapa Sawit dan Panen & Pascapanen.


Pada kesempatan yang sama, Direktur AKPY STIPER, Dr. Sri Gunawan, S.P, M.P, IPU mengatakan pihaknya juga menyambut baik kehadiran Bupati Luwu Timur, pak Budiman. Yang di tengah kesibukannya menyempatkan hadir pada pelatihan petani sawit yang diadakan AKPY STIPER.


“Kehadirannya menambah semangat peserta dalam mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan kebun sawitnya,” katanya.


“Kami juga sangat mengapresiasi upaya dan usaha dari Dinas terkait yang telah mendampingi petani hingga mendapatkan rekomendasi teknis untuk program pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit. Sebab jumlah pesertanya setiap tahunnya terus bertambah,” sambung Dr. Sri Gunawan.


Sumber : Sawit Indonesia


Berita Terkini

© 2023 Copyright : AKPY-STIPER